Sabtu, 08 Mei 2010

Metode Penelitian dan Telaah Pustaka (Ulasan 2)

Judul Karya Ilmiah :

“Sistem Pakar Penentuan Metode Statistika Pada Peubah Tunggal”

Penulis :

Hendra Yufit Riskiawan

Sumber :

http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2221

Ulasan :

Karya ilmiah tersebut merupakan hasil penelitian yang mengembangkan sistem pakar untuk menentukan metode statistika pada peubah tunggal. Harapan dikembangkannya sistem pakar tersebut adalah untuk membantu pengguna dalam menentukan metode statistika yang sesuai untuk diterapkan dalam penelitiannya. Dalam pengembangan sistem pakar tersebut, basis pengetahuan yang diperoleh dari tahap akuisisi pengetahuan direpresentasikan dengan metode kaidah produksi biasa (simple rule-based Method). Mekanisme inferensinya dibuat dengan strategi penalaran pasti (Exact Reasoning Mechanism) yang dikendalikan strategi pengendalian forward chaining dengan menetapkan nilai default sebagai solusi dari setiap kondisi. Adapun teknik penelusuran yang digunakan untuk mendukung implementasi dari strategi pengendalian tersebut adalah teknik penelusuran horizontal atau breadth-first search.

Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian tersebut adalah penentuan metode statistika yang akan diterapkan sangat dipengaruhi oleh karakteristik data dan tujuan analisis data yang ingin dilakukan. Adanya beberapa metode yang bisa diterapkan pada kondisi yang sama, kadang menimbulkan pemilihan yang subjektif dari masing-masing pakar.

Sedikit info mengenai sistem pakar itu sendiri adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya para pakar (expert). Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para pakar/ahli. Dengan pengembangan sistem pakar, diharapkan bahwa orang awampun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli.


Evi Susanti (G64086028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar