Sabtu, 08 Mei 2010

Metode Penelitian dan Telaah Pustaka (Ulasan 1)

Judul Karya Ilmiah :

“Sistem Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus FMIPA IPB)”

Penulis :

Gibbon Mardame Parsaoran Tamba

Sumber :

http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2230

Ulasan :

Karya ilmiah tersebut merupakan skripsi hasil penelitian seorang mahasiswa IPB pada tahun 2004 yang membahas mengenai penjadwalan, dimana penjadwalan tersebut merupakan salah satu tipe dari masalah pengalokasian sumber daya yang ada pada suatu slot waktu yang tersedia. Pada penelitian tersebut dilakukan percobaan dengan mengambil studi kasus FMIPA IPB pada semester ganjil tahun 2002/2003. Percobaan yang dilakukan ada 3, yaitu:

  1. Pengujian pengaruh perubahan nilai dari parameter operator algoritma genetika (crossover, mutasi, dan propagasi) dengan metode evolusi 3-tournament based selection
  2. Pengujian pengaruh perbedaan hasil penjadwalan pada jumlah dan iterasi populasi
  3. Pengujian pengaruh perbedaan metode inisialisasi terhadap hasil dan durasi proses penjadwalan perkuliahan

Hasil yang didapatkan untuk percobaan pertama, pada pasangan persentase operator algoritma genetika yang cocok dan optimal dapat mempercepat proses pembuatan jadwal perkuliahan. Hal ini dibuktikan pada persentase crossover 40 persen dan mutasi 50 persen serta propagasi 10 persen, didapatkan durasi proses penjadwalan yang tercepat. Operator mutasi memegang peranan yang penting dalam proses evolusi. Jumlah kromosom dalam satu populasi yang akan diproses dengan menggunakan GA, berpengaruh dalam mendapatkan hasil penjadwalan tercepat dan optimal. Hal ini disebabkan pada jumlah populasi yang semakin besar, keragaman satu populasi bertambah besar dalam mencapai solusi optimum.

Metode inisialisasi yang berbeda tidak mempengaruhi hasil penjadwalan (baik dari sisi waktu maupun jumlah constraint yang dilanggar) secara signifikan pada jumlah populasi dan iterasi yang kecil, tapi akan tampak jelas pada jumlah populasi dan iterasi yang besar.


Evi Susanti (G64086028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar