Sabtu, 08 Mei 2010

Metode Penelitian dan Telaah Pustaka (Ulasan 5)

Judul Karya Ilmiah :

“Penyempurnaan dan Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan Kelompok Berbasis Web”

Penulis :

Jeniva Nilna

Sumber :

http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2171

Ulasan :

Pada karya ilmiah tersebut membahas mengenai Sistem Pengambilan Keputusan Kelompok yang digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan yang dilakukan sekelompok pengambil keputusan dalam berdiskusi tanpa harus bertatap muka langsung. Dengan adanya sistem ini, tingkat kepercayaan terhadap keputusan menjadi tinggi karena pemilihan pengambilan keputusan langsung diagregasi oleh sistem.

Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Delphi, metode Label Linguistik, metode Proses Hirarki Analitik (PHA) serta metode Smart. Sistem tersebut memiliki mekanisme pengambilan keputusan kelompok dengan penilaian individu dan penilaian berpasangan. Penilaian individu menggunakan metode fuzzy Delphi dan metode Smart, sedangkan penilaian berpasangan menggunakan metode label linguistik dan metode PHA.

Metode Smart dan PHA merupakan metode agregasi preferensi kelompok, dimana preferensinya diberikan dalam bentuk penomoran. Perbedaan yang terdapat pada keduanya adalah preferensi yang diberikan pada metode PHA berupa perbandingan berpasangan, sedangkan metode Smart menggunakan penilaian langsung.

Metode Fuzzy Delphi dan Label Linguistik merupakan metode yang memberikan preferensi terhadap kriteria dan alternatif dalam bentuk label linguistik. Metode Label Linguistik menggunakan operator neat Ordered Weighted Average (neat OWA) dan dalam proses perhitungannya menggunakan perhitungan Triangular Fuzzy Number (TFN).

Mekanisme pengambilan keputusan pada sistem tersebut adalah:

  • Metode Fuzzy Delphi, untuk seleksi awal pemilihan kriteria dan alternatif.
  • Metode Label Linguistik, untuk pemilihan kriteria atau alternatif lebih dari 10 atau kriteria dan alternatif lebih dari 10.
  • Metode Proses Hirarki Analitik (PHA), untuk pemilihan alternatif atau kriteria kurang dari 10 atau kriteria dan alternatif kurang dari 10.
  • Metode Smart, untuk pemilihan alternatif atau kriteria sama dengan 10 atau kriteria dan alternatif sama dengan 10.

Evi Susanti (G64086028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar