Senin, 30 November 2009

Situs Web dengan Antarmuka Kurang Baik

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer dengan judul yang disebutkan di atas, maka saya menemukan situs yang saya anggap memiliki antarmuka kurang baik dan interaksi yang kurang baik pula dengan penggunanya, yaitu :


berikut screenshot dari situs web tersebut :


menurut saya situs web tersebut kurang baik karena:

1. Pada halaman utama terdapat ruang kosong yang terlalu banyak dan tidak berisi informasi apa-apa, sehingga tidak jelas apa tujuan dibuatnya website tersebut dan termasuk website dengan kategori apa. Pada halaman ini juga terdapat logo yang gambarnya tidak jelas, tidak jelas juga apa maksud pemberian logo tersebut.

2. Menunya tidak konsisten. Seperti yang saya ketahui sebuah web yang baik itu salah satunya adalah navigasi-nya terdapat di bagian atas halaman utama, pada web tersebut navigasi-nya terdapat di bagian kiri dan memanjang ke bawah, link-linknya terlalu banyak dan bermacam-macam (tidak tertuju pada 1 topik). Ketika link-link tersebut di-klik dan menuju halaman baru, menu yang ada di halaman utama tadi hilang.

3. Pemberian warna/gambar background pada tiap halaman tidak konsisten bahkan cenderung kontras, membuat mata sakit. Susunan halamannya juga tidak teratur dan tidak rapi.

4. Link yang telah di-klik tidak berubah warna, sehingga membingungkan pengunjung halaman mana saja yang telah dikunjungi.

Sekian komentar dari saya, kalo masih ada yang kurang komentarnya silakan ditambahkan dari temen2 sekalian... ^_^

Evi Susanti - G64086028

8 komentar:

  1. hore! pertamax!
    kemungkinan orang ini adalah sayap kiri gerakan islam radikal... hehe... becanda...
    terlalu banyak whitespace di tengah yang hampir tidak ada isinya...
    menu yang terlalu banyak, tidak dikelompokkan berdasarkan group atau apalah...
    dan memang tidka ada informasi yang bisa didapatkan...

    komen juga artikel gak jelas saya di:
    http://beneranasalbikin.blogspot.com/

    Dzikri Fadhilah - G64086047

    BalasHapus
  2. parah nich..
    warna menu utama yang telah atau sedang kita klik tidak berubah, akan mengakibatkan kebingungan akan posisi pengguna di menu yang mana. Pengguna akan mudah terlupa akan sudah diaksesnya menu tersebut karena tidak adanya indikator antara menu yang aktif dan yang tidak. Ini akan mengakibatkan ketidakefisienan waktu bagi pengguna.

    beni said alfarisi - G64086023

    BalasHapus
  3. Muhammad irfansyah
    G64086046

    wah baru buka za langsung terheran-heran, menu link disusun kebawah maksudnya paan ya..? terlalu bnyak space kosong.
    ne website lebih mngutamakan content dhe.

    makasih..

    BalasHapus
  4. Sebenarnya bagus juga backgroundnya berwarna hitam dan tidak banyak 'pernak-pernik' yang tidak perlu (kecuali sponsor penyedia domainnya-Tripod) kelihatannya sederhana. TETAPI, kombinasi warna font menunya norak jadi kesannya urakan. Selain itu, space di tengah yang luas dan 'menganggur' kurang diberdayakan, trus kenapa juga kalo ke menu utama mesti harus nyediain link dan ngebuka tab baru untuk membukanya, padahal muat aja di main space-nya. Dengan link yang harus buka-tutup tab baru, pengunjung akan merasa 'ribet' dalam mencari informasi yang diinginkan dari situs tersebut. Satu lagi, Hit Counter-nya tidak bekerja, tambahan yang sangat tidak perlu.

    Kunjungi juga ulasan saia di:
    http://robot32.blogspot.com

    Walim Abdul Somad - G64086044

    BalasHapus
  5. sedikit nambahin aja, tu pas ngeklik link yang ada di samping kiri, selalu ngebuka pop up baru untuk menampilkan isinya. lumayan menggangu buat saya pribadi.
    dan mungkin klo ga salah di tripod itu cuma bisa di masukin file html saja, jadi keliatannya murni html tu web

    BalasHapus
  6. setuju sama evi.. terlalu banyak tempat yang kosong, tidak dimanfaatkan... trus link yang ada disamping kiri disusun kebawah dan tidak terstruktur... mending di bikin perkategori biar ga terlalu banyak gitu... pop up yang selalu terbuka ketika ngebuka link kurang efisienmalah bikin bingung....

    Yuliana Suri - G64086020

    BalasHapus
  7. Informasi yang hendak diberikan pada situs ini apa? Kemudian dengan pemberian warna hitam sebagai background semestinya menggambarkan secara umum tentang situs ini. Kaku... dan memang benar, kosong molongpong...

    BalasHapus
  8. >> waduh bingung nie pas buka web ini, mana yang nerupakan link ga jelas... bikin pusing yang ada..

    >> ditambah lagi banyak space yang kosong, sebaiknya spce di gunakan dengan semestinya jngan dibiarkan kosong melompong.. hehe

    >> kemudian buat apa diberikan hit counter, tetapi hit counternya tidak bekerja sebagaimana mestinya....

    Arvianto Candra W -G64086016-

    BalasHapus